S.O.L.O. Sharing Online Lan Offline 2010. Sebuah ajang temu blogger nasional yang dilaksanakan tanggal 5-6 juni 2010 di kota Solo minggu lalu. Sebuah acara yang tentunya tidak akan dilewatkan oleh komunitas-komunitas blogger tanah air, salah satunya adalah plat-m (komunitas blogger Bangkalan Madura).

Plat-m secara khusus telah merencanakan untuk mengikuti acara ini sejak awal. Dengan semangat penuh rombongan plat-m yang berjumlah lebih dari 40 orang ini (salah satunya adalah saya sendiri) berangkat pada jumat sore 4 Juni 2010 menggunakan jasa transportasi kereta api. Kebersaman dan kekompakan selalu menjadi ciri khas utama kami. Tidak heran hal ini pula yang terlihat ketika kami disatukan dalam satu gerbong. Suasana yang semarak menjadikan plat-m sebagai pusat perhatian para penumpang lain. Tentu saja perjalanan kali ini menjadi berbeda, apa lagi plat-m berangkat bersama dengan beberapa peserta dari tugupahlawan.com (komunitas blogger Surabaya).

Plat-m in S.O.L.O

Setibanya di Stasiun Jebres Solo pada malam harinya, kami dijemput oleh panitia bengawan.org yaitu para blogger Solo. Kami diantarkan menuju Wisma Seni untuk beristirahat agar keesokan harinya siap untuk mengikuti serangkaian kegiatan di S.O.L.O.

Pagi pun datang, hari baru, tempat baru, begitu pun semagat yang baru. Setelah sarapan peserta S.O.L.O yang jumlahnya kurang lebih 280 orang diberangkatkan ke Graha Solo untuk melaksanakan agenda kegiatan di hari pertama S.O.L.O. Di sana kami mengikuti beberapa seminar yang menarik salah satunya adalah sharing antara blogger dan para pelaku bisnis online. Acara bertambah menarik ketika diselingi dengan pameran busana dari beberapa peserta Solo Batik Karnival 2010, yaitu pameran batik terbesar di Solo yang dalam waktu dekat ini akan diselenggarakan.

Pada malam harinya terdapat acara sharing antar peserta S.O.L.O yang bertempat di Galabo wisma Seni. Setiap perwakilan dari komuitas blogger secara bergantian menyampaikan tentang profil komunitas masing-masing. Di sini lah puncak keakraban antar blogger begitu terlihat. Dengan diiringi alunan musik keroncong dan guyonan-guyonan hangat menjadikan malam itu begitu berkesan bagi kami. Apa lagi rombongan plat-m dengan rekor peserta terbanyak (43 orang) menjadikan kami begitu heboh dan semarak. Banyak blogger dari komunitas lain yang slut dengan semangat dan kekompakan kami.

Hari ke-dua di S.O.L.O adalah harinya jalan-jalan. Jalan-jalan ini terbagi menjadi empat tujuan, yaitu kunjungan ke pusat batik Laweyan, pusat kerajinan tembaga, pusat pembuatan keris dan gamelan, dan yang terakhir yang juga menjadi pilihan saya dalah susur bengawan Solo. Menurut saya kurang lengkap rasanya jika kita tengah berada di Solo tetapi tidak menikmati secara langsung keindahan bengawan Solo. Dari plat-m sendiri hanya empat orang yang mengikuti susur bengawan Solo ini, mereka adalah Wahyu, Fauzan, Okie, dan yang terakhir adalah saya sendiri. Selebihnya lebih memilih untuk mengikuti kunjunngan ke pusat batik Laweyan.

Setelah memakai pelampung dan menerima pembekalan dari para tim SAR, kami yang berjumlah 20 orang terbagi menjadi dua perahu masing0masing 10 orang dan ditambah dengan beberapa anggota tim SAR. Pertama kami memang sedikit ketakutan, tetapi setelah merasakan keasyikan mendayung secara bergantian, kekompakan dan keakraban pun menjadi begitu kental di antara kami. Tentu saja kami tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk berfoto ria. Susur bengawan Solo yang pertama dan luar biasa bagi saya, menjadi pengalaman yang langka dan tidaka akan terlupakan.

Rasa capai mendayung menyusuri sungai bengawan Solo selama kurang lebih satu jam, terbyar sudah dengan kegembiraan dan keakraban yang kami dapat. Bahkan rasanya ingin lagi dan lagi, tapi siang itu kami masih harus mengikuti acara penutupan hingga sore.

Acara penutupan pun begitu berkesan. Tidak hanya acara sharing tentang etika di dunia maya, namun juga makan siang bersama yang istimewa karena diiringi dengan lantunan lagu keroncong yang dibawakan langsung oleh cucu dari almarhum Gesang. Sore terakhir di S.O.L.O yang luar biasa, sebuah apresiasi untuk para blogger Solo (bengawan.org) yang telah sukses meyelenggarakan acara S.O.L.O.

Malam harinya satu per satu rombongan peserta pun pulang, dan plat-m serta beberapa peserta dari tugupahlawan.com adalah rombongan yang terakhir pulang. Tepat tengah malam kami meninggalkan Solo, dengan menaiki bus kami pulang membawa banyak pengalaman, kegembiraan, dan pastinya teman-teman yang tentunya tidak akan terlupakan.

Plat-m tetaplah jaga semangat dan kekompakan kita, persiapkan semangat dan kreatifitas untuk acara-acara selanjutnya. Kami plat-m, nak-kanak blogger Bangkalan Madura.

NB: Mohon maaf karena keterbatasan dokumentasi, jadinya banyak pajang foto sendiri. hehe.. (^_^)v